Langsung ke konten utama

Mengatasi flu pada Bayi

Sesuaikan Posisi Tidur Bayi Berdasarkan Kondisinya

Sesuaikan Posisi Tidur Bayi Berdasarkan Kondisinya
Sebagai orang tua selain harus memberikan perlengkapan tidur bayi baik berupa selimut dan kasur bayi yang nyaman agar tidur bayi menjadi lebih lelap. Di sisi lain kita juga harus mengerti posisi tidur bayi berdasarkan dengan kondisinya. Posisi tidur bayi tengkurap, miring atau terlentang sebenarnya sama-sama baik untuk tumbuh kembangnya selama tidur si bayi bisa lelap dan nyaman. Hanya saja tidak sedikit berkembang isu bahwa ada tidur bayi yang dinilai kurang baik. Dari sini maka kita akan mengulas secara ringkas posisi tidur bayi berdasarkan kondisinya.
Tengkurap.
Posisi tidur tengkurap seringkali dinilai sebagai posisi tidur yang kurang baik untuk bayi. Lebih dari itu posisi tidur tengkurap ini sempat menjadi perdebatan panjang. Di satu pihak secara statistik, SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau sindroma meninggal mendadak, berdasarkan dari hasil statistik ini disebutkan bahwa sindroma meninggal mendadak ditemukan banyak terjadi pada bayi dengan posisi tidur tengkurap. Namun, di lain pihak, terdapat pula literatur yang menyebutkan bahwa posisi tidur tengkurap membuat bayi menjadi lebih nyaman dalam tidurnya, tangisnya berkurang, dan gerak pernapasan serta perkembangan motoriknya menjadi lebih baik. Dalam literatur tersebut disebutkan bahwa dengan posisi tidur tengkurap bayi dimungkinkan merasa seolah tidur dalam pelukan bundanya disebabkan perut menempel pada kasur bayi.
Menyikapi hal ini maka sebagai orang tua sebenarnya tidak perlu khawatir dengan posisi tidur bayi yang tengkurap, dengan catatan harus senantiasa diawasi. Upayakan agar mulut atau hidung bayi tidak tertutup sehingga pernapasannya tidak terhalang.
Miring
Posisi tidur miring kekanan biasanya dipilih untuk bayi prematur, utamanya yang minum menggunakan selang atau masih menggunakan alat bantu pernapasan. Hal itu ditujukan agar proses pengosongan lambung menjadi lebih mudah. Pada umumnya ketika bayi hendak dibawa pulang oleh pihak rumah sakit biasanya dianjurkan agar bayi sering tidur dengan posisi tidur miring hal itu ditujukan untuk mencegah gumoh lebih banyak. Dalam hal ini sekedar informasi bahwa berdasarkan dari penelitian banyak ahli disebutkan bahwa gumoh sebenarnya tidak ada hubungannya dengan gangguang kesehatan serius.
Dalam hal ini sebagai orang tua apabila merasa si buah hati seringkali mengalami gumoh ada baiknya untuk lebih sering menidurkan bayi dalam posisi tidur miring saat berada di kasur bayi.
Terlentang
Posisi tidur bayi terlentang, merupakan posisi tidur yang dinilai paling aman untuk mencegah SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Semenjak dikampayekan pada tahun 1994 di Amerika agar bayi ditidurkan terlentang, kematian bayi akibat SIDS berkurang hingga 50%. Posisi tidur terlentang ini biasanya terjadi pada bayi kisaran usia 0-3 bulan. Hal itu dikarenakan pada usia tersebut bayi masih belum mampu untuk berguling, sehingga posisi tidur terlentang ini dinilai yang paling aman.

Demikian macam-macam posisi tidur bayi, dari sini dapat dipahami bahwa seperti apa pun posisi tidur bayi kita yang terpenting tidurnya bisa lelap dan baik untuk tumbuh kembangnya. Sebab sebagai orang tua sudah seharusnya bagi kita untuk menjaga agar tidur bayi kita menjadi lebih lelap dan nyaman, salah satunya adalah dengan menyediakan kasur bayi dan selimut bayi yang nyaman untuk si buah hati. 
Apabila Anda membutuhkan kasur bayi yang nyaman untuk menunjang semakin lelapnya tidur si buah hati, dengan ragam pilihan kasur bayi karakter, maka Anda bisa menghubungi Phone/WA: 087838393451/081226028839
http//www.kasurbayi.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat mempersiapkan ASI untuk calon buah hati

5 Syarat Penting Memilih Tempat Tidur Bayi

5 Syarat Penting Memilih Tempat Tidur Bayi
Kehadiran si buah hati selalu membawa kebahagian tersendiri bagi orang tua maupun calon orang tua baru. Sudah sewajarnya bagi orang tua maupun calon orang tua baru untuk mempersiapkan segala bentuk kebutuhan bayi se ideal mungkin, tentunya ukuran ideal dalam hal ini harus bersinergis dengan budget dana yang dimiliki. Sederhananya ideal bukan berarti harus mahal. Ukuran ideal yang dimaksud dalam hal ini harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan bayi untuk menunjang kenyamanan dan keamanannya.
kasur bayi karakter Panda
Segala bentuk kebutuhan bayi dalam hal ini mencakup kebutuhan tempat tidur bayi. Tempat tidur bagi bayi merupakan bagian paling urgen, disadari atau tidak bahwa tidur merupakan hal penting bagi bayi. Di saat tidur hormon pertumbuhan bayi akan berproses secara lebih optimal, dan di saat tidur itu pula sebenarnya si cabang bayi belajar mengenai banyak hal. Wajar jika kemudian ketika bayi tidur bayi tidak ideal, seringkali terganggu, …

Tips Memilih Perlengkapan Bayi

Tips Memilih Perlengkapan Bayi
            Kehadiran bayi ditengah-tengah keluarga menghadirkan kebahagiaan tiada tara, bukan hanya dirasakan oleh bunda dan ayah, kebahagiaan juga dirasakan nenek kakek dan juga semua saudara bayi. Sebelum kelahiran bayi bunda dan ayah pasti sudah siaga menyiapkan segala kebutuhan bayi. Dikarenakan bayi membutuhkan banyak perlengkapan, maka bunda dan ayah harus cermat dalam pemilihan dan persiapan.
            Beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang dapat disiapkan adalah popok kain, bunda dan ayah dapat memilih popok dengan bahan kain yang dapat menyerap air. Minimal bunda dan ayah dapat membeli sekitar 2 lusin, hal ini dikarenakan kapasitas buang air kecil bayi yang baru lahir sangat banyak. Kemudian perlengkapan berikutnya adalah baju bayi lengan pendek sebanyak satu lusin, pakaian bayi tanpa lengan sebanyak setengah lusin dan juga lengan panjang sebanyak setengah lusin. Bunda dan ayah dapat memilih bahan dari kaos ataupun katun yang dapat menyera…