Langsung ke konten utama

Mengatasi flu pada Bayi

Penyebab dan cara mengatasi kepala peyang pada bayi

Penyebab dan cara mengatasi kepala peyang pada bayi
Sindrom kepala datar atau yang lebih sering disebut kepala peyang memang sering dialami oleh bayi yang baru lahir. Semua ini dikarenakan karena ubun-ubun kepala mereka masih lunak. Tidak heran saat bunda baru melahirkan terdapat banyak nasihat dari orang tua bunda untuk mengubah-ubah posisi tidur bayi saat berada di kasur bayi. Bunda juga sering dianjurkan untuk membeli bantal peyang bukan?
Bentuk kepala bayi yang tidak simetri atau peyang memang sering dikeluhkan oleh orang tua. Bukan hanya karena faktor penampilan saja, akan tetapi orang tua juga sering khawatir jika bayi memiliki kepala peyang akan mempengaruhi kesehatan dan perkembangan otak mereka. Sehingga bunda sering memosikan tidur bayi saat diatas kasur bayi bukan hanya pada satu sisi saja.
Sebenarnya penyebab kepala bayi peyang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya Gangguan bentuk kepala bayi dapat disebabkan karena Craniosynostosis, yaitu sebuah kondisi dimana bayi memiliki bentuk kepala yang tidak normal, akibat pembentukan dan penyatuan yang terlalu dini (awal) pada bagian tulang-tulang kepalanya. Bisa juga kepala peyang terjadi karena tertekan saat proses persalinan, namun hal ini akan kembali normal pada beberapa jam sampai beberapa minggu setelah melahirkan.
Kepala bayi peyang juga dapat disebabkan karena adanya tekanan pada satu sisi kepala bayi secara signifikan dan terus-menerus. Hal ini biasanya disebabkan karena bayi terus-menerus tidur dalam posisi telentang saja, sehingga bagian kepala yang paling banyak dan sering mendapatkan tekanan adalah bagian belakang kepala bayi. Hal tersebut membuat bagian belakang kepala bayi menjadi rata atau peyang.
Apabila usia bayi masih sangat kecil dan kondisi peyang tidak terlalu parah, maka dokter akan memberikan terapi reposisional, Terapi ini melibatkan perubahan posisi bayi secara berkala untuk menghindari penekanan pada area kepala yang peyang. Berikut beberapa kiat yang bisa orang tua lakukan untuk mencegah kepala peyang pada bayi :
a.      Sering mengubah posisi tidur bayi, agar tidak terjadi tekanan hanya di salah satu sisi kepala bayi saja.
b.      Atur posisi bayi Anda saat ia menyusui, baik saat menyusu dari payudara Anda atau dari botol, juga dapat menghindari penekanan pada bagian kepalanya yang peyang.
c.       Lakukan tummy time yaitu mengajak si kecil bermain, sesekali bisa dengan di tengkurapkan hal ini untuk merangsang pergerakan otot leher dan melancarkan peredaran darah ke kepala bayi.
Namun jika masalah kepala peyang pada Si Kecil cukup parah, biasanya dokter akan memberikan cranial orthotic (helm atau ikat kepala) yang digunakan sekitar 23 jam selama sehari untuk memperbaiki bentuk kepalanya. Perawatan ini umumnya dilakukan 2-6 bulan, tergantung kapan Si Kecil memulainya dan seberapa parah masalah yang dialami.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Di akhir tulisan ini, kami ucapkan terima kasih untuk para pembaca semua. Bagi bunda yang sedang mencari kasur bayi karakter untuk kebutuhan buah hati, atau sebagai kado unik dan kekinian. Silahkan dapat menghubungi customer service kami di :

SMS/WA : 082313506330
http://www.kasurbayi.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat mempersiapkan ASI untuk calon buah hati

5 Syarat Penting Memilih Tempat Tidur Bayi

5 Syarat Penting Memilih Tempat Tidur Bayi
Kehadiran si buah hati selalu membawa kebahagian tersendiri bagi orang tua maupun calon orang tua baru. Sudah sewajarnya bagi orang tua maupun calon orang tua baru untuk mempersiapkan segala bentuk kebutuhan bayi se ideal mungkin, tentunya ukuran ideal dalam hal ini harus bersinergis dengan budget dana yang dimiliki. Sederhananya ideal bukan berarti harus mahal. Ukuran ideal yang dimaksud dalam hal ini harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan bayi untuk menunjang kenyamanan dan keamanannya.
kasur bayi karakter Panda
Segala bentuk kebutuhan bayi dalam hal ini mencakup kebutuhan tempat tidur bayi. Tempat tidur bagi bayi merupakan bagian paling urgen, disadari atau tidak bahwa tidur merupakan hal penting bagi bayi. Di saat tidur hormon pertumbuhan bayi akan berproses secara lebih optimal, dan di saat tidur itu pula sebenarnya si cabang bayi belajar mengenai banyak hal. Wajar jika kemudian ketika bayi tidur bayi tidak ideal, seringkali terganggu, …

Tips Memilih Perlengkapan Bayi

Tips Memilih Perlengkapan Bayi
            Kehadiran bayi ditengah-tengah keluarga menghadirkan kebahagiaan tiada tara, bukan hanya dirasakan oleh bunda dan ayah, kebahagiaan juga dirasakan nenek kakek dan juga semua saudara bayi. Sebelum kelahiran bayi bunda dan ayah pasti sudah siaga menyiapkan segala kebutuhan bayi. Dikarenakan bayi membutuhkan banyak perlengkapan, maka bunda dan ayah harus cermat dalam pemilihan dan persiapan.
            Beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang dapat disiapkan adalah popok kain, bunda dan ayah dapat memilih popok dengan bahan kain yang dapat menyerap air. Minimal bunda dan ayah dapat membeli sekitar 2 lusin, hal ini dikarenakan kapasitas buang air kecil bayi yang baru lahir sangat banyak. Kemudian perlengkapan berikutnya adalah baju bayi lengan pendek sebanyak satu lusin, pakaian bayi tanpa lengan sebanyak setengah lusin dan juga lengan panjang sebanyak setengah lusin. Bunda dan ayah dapat memilih bahan dari kaos ataupun katun yang dapat menyera…