Langsung ke konten utama

Mengatasi flu pada Bayi

Mengenali Penyebab dan Solusi Tidur Bayi Kurang Nyenyak

Mengenali Penyebab dan Solusi Tidur Bayi Kurang Nyenyak
kasur bayi karakter

  
Tidak sedikit para ibu atau orang tua yang rela merogoh gocek dalam-dalam untuk memberikan fasilitas perlengkapan tidur yang nyaman dan aman bagi bayi, dari keranjang bayi, kasur bayi dan selimut bayi. Hal itu dilakukan karena mereka tahu bahwa tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi bayi. Bayi yang kurang tidur dan mengalami gangguan dengan tidurnya akan mengalami penurunan pada kekebalan tubuhnya, gangguan pada pertumbuhannya, dan perkembangan fisik. Di sisi lain kurang tidur menurut beberapa ahli akan berdampak pada tumbuh kembang otak bayi, utamanya dalam kemampuan berpikirnya ketika si bayi mulai beranjak dewasa.
Idealnya bayi dari usia 6 bulan hingga 23 bula membutuhkan waktu tidur sekitar 23 jam dalam sehari untuk menunjang hormon pertumbuhannya dan tumbuh kembangnya otak si bayi.  Berikut, kita mengulas beberapa penyebab tidur bayi kurang nyenyak, sedikit terganggu, dan solusinya:
1.      Sakit flu atau batuk
Flu atau batuk merupakan penyakit yang seringkali menyerang bayi dan membuat tidur si bayi menjadi terganggu. Flu bisa membuat hidung bayi tersumbat, atau mengeluarkan cairan, sehingga pernapasannya pun menjadi terganggu.
Untuk mengatasi hal semacam ini, Anda bisa bisa melakukan beberapa cara yaitu; Upayakan agar posisi kepala si bayi lebih tinggi dari kaki. Jangan lupa beri minum agar tergorokan si bayi menjadi lebih nyaman setelah batuk. Apabila hidungnya tersumbat Anda juga bisa menyedot ingusnya dengan alat penyedot ingus khusus untuk bayi.
2.      Kolik
Sekitar 20% bayi sehat pernah mengalami kolik. Kondisi ini bisanya seringkali menyerang bayi di usia 2 hingga 4 minggu.
Bagi Anda yang sedang menyusui untuk mengatasi kolik ini, bisa dilakukan dengan cara menghindari produk susu olahan, makanan yang mengandung gas, seperti; kubis, bawang dan bawang putih. Ada baiknya juga untuk melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan terkait dengan cara menangani alergi terhadap makanan tertentu.
Apabila Anda memberikan susu formula pada si bayi, untuk mengatasi kolik ini bisa dilakukan dengan cara meminta petunjuk pada ahli kesehatan terkait apakah Anda harus menggantinya dengan formula bebas susu atau formula bebas laktosa.
Namun apabila kolik yang dialami oleh bayi merupakan bagian dari fase pertumbuhan, maka Anda tidak perlu risau, sebab hal itu akan hilang dengan sendirinya seiring waktu.
3.      Haus dan lapar
Biasanya apabila bayi kurang makan atau susu tidurnya akan menjadi terganggu, atau bayi gelisah diwaktu tidur.
Untuk mengatasi hal semacam ini ada baiknya untuk memberi makan pada bayi bagus 1 jam menjelang tidur.
4.      Basah
Pada umumnya bayi di usia 6 bulan mengompol sekitar 5 sampai 7 kali dalam semalam. Apabila sebagai Anda tidak cekatan untuk segera menggantikan popoknya maka bisa dipastikan tidur si bayi akan menjadi terganggu.
5.      Ruam popok
Ruam popok ini seringkali dialami oleh bayi di usia 4 bulan hingga 15 bulan. Adapun penyebabnya bisa karena sering buang air, kebersihan kulit tidak terjaga, bisa juga karena bayi menerima asupan antibiotik dari ASI sang ibu.
Apabila bakteri yang tedapat dalam urine bayi terurai menjadi amonia, ruam ini bia menjadi bertambah parah. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang mengganggu kualitas tidur si bayi. Hanya apa apabila hal semacam ini sudah kadung terjadi pada bayi Anda, maka berikut beberapa langkah-langkah praktis yang bisa Anda lakukan;
a.       Ganti popok basah sesering mungkin
b.      Hindari penggunan tisu basah sebab hal itu hanya akan membuat iritasi pada kulit menjadi semakin bertambah
c.       Cukup keringkan bagian yang basah hanya dengan cara menepuk-nepuk kulitnya
d.      Pastikan untuk menghindari menggunakan popok yang terlalu kencang
Demikian beberapa langkah praktis menyikapi ruam popik pada bayi
6.      Terlalu banyak bermain.
Bermain merupakan dunia anak, hanya saja terlalu banyak bermain biasanya akan membuat anak menjadi enggan untuk tidur. Apalagi apabila Anda kurang peka dan mengajaknya bermain ketika anak menjelang tidur.
Dalam hal ini sebagai orang tua Anda sudah seharus tanggap. Apabila Anda melihat bayi sudah mulai mengucek-ngucek matanya, sering menguap, atau telinganya sering ditarik-tarik, maka besar kemungkinan pada saat ini bayi sudah mengantuk. Sebagai orang tua yang bijak maka sudah sepantasnya menciptakan suasana agar bayi merasa nyaman sehingga mudah bagi si bayi untuk tidur dengan tenang.
Demikian 6 poin penyebab sekaligus solusi bayi susah tidur dengan nyenyak, apabila Anda ingin kualitas tidur bayi Anda semakin terjaga ada baiknya juga dengan menyediakan fasilitas perlengkapan tidur si bayi, tentunya harus disesauikan dengan budget keuanganya Anda. Untuk itu Anda bisa menghubungi Phone/Wa: 087838393451 untuk bisa mendapatkan penawaran harga perlengkapan tidur bayi seperti kasur bayi karakter , kasur bayi jogja dan selimut bayi dengan harga ekonomis, kualitas eksklusif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kiat mempersiapkan ASI untuk calon buah hati

5 Syarat Penting Memilih Tempat Tidur Bayi

5 Syarat Penting Memilih Tempat Tidur Bayi
Kehadiran si buah hati selalu membawa kebahagian tersendiri bagi orang tua maupun calon orang tua baru. Sudah sewajarnya bagi orang tua maupun calon orang tua baru untuk mempersiapkan segala bentuk kebutuhan bayi se ideal mungkin, tentunya ukuran ideal dalam hal ini harus bersinergis dengan budget dana yang dimiliki. Sederhananya ideal bukan berarti harus mahal. Ukuran ideal yang dimaksud dalam hal ini harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan bayi untuk menunjang kenyamanan dan keamanannya.
kasur bayi karakter Panda
Segala bentuk kebutuhan bayi dalam hal ini mencakup kebutuhan tempat tidur bayi. Tempat tidur bagi bayi merupakan bagian paling urgen, disadari atau tidak bahwa tidur merupakan hal penting bagi bayi. Di saat tidur hormon pertumbuhan bayi akan berproses secara lebih optimal, dan di saat tidur itu pula sebenarnya si cabang bayi belajar mengenai banyak hal. Wajar jika kemudian ketika bayi tidur bayi tidak ideal, seringkali terganggu, …

Tips Memilih Perlengkapan Bayi

Tips Memilih Perlengkapan Bayi
            Kehadiran bayi ditengah-tengah keluarga menghadirkan kebahagiaan tiada tara, bukan hanya dirasakan oleh bunda dan ayah, kebahagiaan juga dirasakan nenek kakek dan juga semua saudara bayi. Sebelum kelahiran bayi bunda dan ayah pasti sudah siaga menyiapkan segala kebutuhan bayi. Dikarenakan bayi membutuhkan banyak perlengkapan, maka bunda dan ayah harus cermat dalam pemilihan dan persiapan.
            Beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang dapat disiapkan adalah popok kain, bunda dan ayah dapat memilih popok dengan bahan kain yang dapat menyerap air. Minimal bunda dan ayah dapat membeli sekitar 2 lusin, hal ini dikarenakan kapasitas buang air kecil bayi yang baru lahir sangat banyak. Kemudian perlengkapan berikutnya adalah baju bayi lengan pendek sebanyak satu lusin, pakaian bayi tanpa lengan sebanyak setengah lusin dan juga lengan panjang sebanyak setengah lusin. Bunda dan ayah dapat memilih bahan dari kaos ataupun katun yang dapat menyera…